Welcome to my blog! Today a reader, tomorrow a leaderšŸ”„

Tugas 1 RK D

Aplikasi Parkir Non Tunai



1. Deskripsikan aplikasi tersebut!
Jawab :

    Pada zaman pandemi seperti sekarang ini, semua kegiatan terpaksa untuk dilakukan secara online dan semua menjadi serba digital. Hal ini membuat perkembangan teknologi pun semakin canggih, banyaknya penemuan-penemuan aplikasi yang membantu dan memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan juga aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk dapat berbincang secara online, membuat kita terbiasa untuk selalu berinovasi meski sedang di dalam kondisi pandemi. Banyak aplikasi lain yang juga hadir sebagai bentuk pencegahan interaksi antar manusia agar COVID-19 tidak cepat menyebar luas, salah satunya yakni Aplikasi Parkir Non Tunai. Aplikasi Parkir Non Tunai merupakan sebuah aplikasi inovatif untuk mengelola sistem parkir yang memiliki metode pembayaran secara e-money atau yang disebut juga dengan cashless. Aplikasi ini hadir sebagai solusi untuk mengurangi interaksi antar manusia, yakni dalam sentuhan tangan maupun melalui uang yang diberikan. Hal ini sangat baik karena melihat dengan semakin meningkatnya angka positif COVID-19, aplikasi ini sangat berguna dan efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19 secara langsung antar masyarakat. 
    Aplikasi ini sendiri menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) yang berupa otomatisasi, yakni dalam kata lain, bisa membuat keseluruhan sistem menjadi otomatis. Dapat dideskripsikan bahwa aplikasi ini merupakan pengembangan dari sistem parkir tunai menjadi non tunai, sistem manual menjadi otomatis. Aplikasi ini memiliki proses bisnis dimana seseorang yang akan masuk ke gate atau gerbang parkir, akan diberikan karcis, dimana karcis tersebut telah mendata nomor plat motor ataupun mobil dari orang tersebut beserta dengan waktu kedatangannya. Sistem juga telah menyiapkan QR Code yang tertera pada karcis parkir tersebut. Kemudian, apabila orang tersebut keluar, dan sudah berada di gate, maka QR Code yang tertera pada karcis parkir tadi dapat langsung di scan dan ditempelkan pada mesin. Setelah itu, sistem akan mengecek berapa lama waktu parkir pelanggan. Lalu pelanggan dapat melakukan pembayaran secara non tunai sesuai nominal yang diminta. Pembayaran secara non tunai ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yakni, melalui aplikasi QRIS, E-Money Card, maupun pembayaran E-Wallet lainnya. Sehingga tidak perlu bersentuhan atau membayar tunai kepada petugas. Setelah pembayaran berhasil, maka palang dari gate tersebut akan terbuka secara otomatis.

2. Identifikasi User dan Stakeholder!
Jawab :

    Adapun pihak yang terlibat pada Aplikasi Parkir Non Tunai ini adalah :
    a. User
  • Pelanggan
  • Pegawai
  • Admin
    b. Stakeholder
  • Pengelola/Pemilik lahan parkir
  • Petugas parkir
3. Sebutkan kebutuhan masing-masing User dan Stakeholder!
Jawab :

    Berikut adalah masing-masing kebutuhan dari User dan Stakeholder :
    a. User 
  • Pelanggan
            - Area parkir yang bersih
            - Area parkir yang tentram dan aman bagi kendaraan dan mengikuti prokes
            - Kemudahan akses keluar masuk pada lahan parkir
            - Memiliki metode pembayaran yang paling nyaman dan cepat
            - Lahan parkir yang luas sehingga tidak susah dalam mencari parkir
            - Tersedianya CCTV pada lahan parkir sehingga membuat pengguna lebih nyaman
            - Terhindar dan aman dari virus COVID-19 (tidak perlu kontak langsung dengan orang lain)
  • Pegawai (Admin)
            - Pembuatan laporan kas dan catatan pemasukan untuk dilaporkan kepada pengelola
            - Adanya keamanan dan kemudahan dalam pemakaian sistem (secure)
            - Lingkungan kerja yang aman, bersih, dan mengikuti prokes supaya terhindar dari COVID-19
            - Pengelolaan lahan parkir yang mudah dan cepat
            - Tidak memerlukan kontak langsung dengan pelanggan
    
    b. Stakeholder
  • Pengelola/Pemilik Lahan Parkir
            - Mendapatkan laporan kas dan catatan pemasukan perbulannya
            - Sistem yang selalu terpelihara/terjaga dan selalu siap digunakan
            - Otomatisasi dan keamanan sistem
            - Tidak banyak kontak langsung dengan pelanggan
            - Mendapatkan feedback yang baik dari pelanggan atau user
            - Pengelolaan pegawai yang baik
            - Lingkungan kerja yang aman dan bersih serta mengikuti prokes
  • Petugas Parkir
            - Area parkir yang aman, bersih, dan tentram 
            - Menjaga ketertiban pengguna dalam area parkir
            - Membantu mencarikan parkir yang kosong untuk pengguna

4. Tentukan aspek penting lainnya supaya aplikasi berjalan dengan lancar!
Jawab :

    Adapun aspek penting lainnya yang dapat mendukung aplikasi supaya berjalan dengan lancar yakni :
  • Jaringan internet yang memadai
  • Listrik yang memadai
  • Kamera ataupun sensor untuk merekam data plat nomor kendaraan
  • Kamera CCTV untuk memantau dan merekam segala aktivitas di lahan parkir 
  • Lahan parkir kendaraan yang aman, bersih, dan luas
  • Kertas yang harus terus tersedia di dalam mesin karcis
  • Memiliki sistem yang terpusat sehingga lebih mudah untuk melakukan pencarian apabila ada kehilangan
  • Scanner QR Code untuk meng-scan karcis pembayaran
  • Scanner untuk pembayaran E-Money 
  • Koneksi database yang baik untuk merekam informasi data kendaraan yang keluar masuk dari lahan parkir
  • Gate atau palang pintu untuk keluar masuk kendaraan

Komentar

Postingan Populer