Welcome to my blog! Today a reader, tomorrow a leaderšŸ”„

Tugas 4 RK D

Elisitasi Kebutuhan

Eventeer




        Eventeer adalah sebuah aplikasi mobile yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan skill serta memfasilitasi segala kegiatan yang dapat membantu pengguna dalam self development apapun itu bentuknya dengan menyediakan layanan dan fitur yang memungkinkan siapa saja dapat membuat suatu event dengan lebih mudah dan menarik. Ada 4 fitur utama pada aplikasi mobile Eventeer ini, yaitu Webinar, Collaboration, Submission, dan Media Streaming. Pada fitur webinar, berisi konten-konten webinar dengan narasumber/pembicara yang inspiratif yang berasal dari Telkom Group. Pada fitur Collaboration, pengguna bisa membuat kolaborasi baru ataupun join suatu kolaborasi untuk mengerjakan sebuah project, baik itu project dari si pembuat kolaborasi, maupun dari pengguna lainnya. Untuk fitur Submission, disini merupakan section untuk segala bentuk pengumpulan assignment, semisalnya terbuka sebuah submission untuk pembahasan tugas desain, maka pengguna diberikan waktu tertentu terlebih dahulu untuk dapat menyelesaikan tugas tersebut, dan jika sudah, maka mentor yang akan memeriksa tugasnya dan dibuka lah room untuk pembahasan submission tersebut. Lalu terakhir ada fitur Media Streaming, disini berisi konten-konten podcast terkini yang membahas hal-hal edukatif dan inspiratif dengan podcaster yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Elisitasi Kebutuhan

    Nah sebelum kita memasuki elisitasi kebutuhan dari aplikasi Eventeer, ada baiknya kita mengetahui apasih elisitasi kebutuhan itu? Elisitasi Kebutuhan adalah sekumpulan aktivitas yang ditujukan untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pelanggan, pengguna sistem, maupun pihak lain yang bersangkutan ataupun yang memiliki kepentingan dalam pengembangan dan pemeliharaan sistem. Dalam menemukan kebutuhan suatu sistem, dapat melalui wawancara dengan pengguna, workshop, kelompok fokus, observasi melalui kuisioner, observasi secara langsung, analisis dokumen yang telah dibuat, dan mekanisme lainnya.
    Proses elisitasi ini penting untuk menentukan keberhasilan dari perangkat lunak, dimana jika terdapat kesalahan dalam pendefinisian kebutuhan maka akan berakibat pada kegagalan sistem. Pada proses ini, peran dari para pemangku kepentingan sistem sangat dibutuhkan untuk membantu tim pengembang perangkat lunak menentukan seperti apa sistem yang akan dibangun. Maka dari itu, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan agar pengembangan sistem dapat berjalan dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah nya :

1. Identifikasi Stakeholder
2. Identifikasi Kebutuhan Pengguna
3. Identifikasi Kebutuhan Fungsional, Non-Fungsional, dan Sistem

Stakeholder

Pihak dari luar pengembang aplikasi
  • Pengguna
  • Narasumber/Pembicara
  • Konsultan Aplikasi
Organisasi Pengembang Aplikasi
  • PT Telkom Persero (Tbk)
  • Digital Amoeba
Tim Pengembang Aplikasi
  • Project Manager
  • Product Owner
  • Business Analyst & Development
  • Digital Marketing
  • Social Media Management
  • System Analyst
  • Front-End Mobile Developer
  • Back-End Mobile Developer
  • UI/UX Designer
  • UX Researcher
  • UX Writer
  • Scrum Master
Pertanyaan Interview

Terdapat banyak metode yang bisa digunakan untuk melakukan elisitasi kebutuhan. Salah satunya melalui metode interview. Metode ini sangat banyak digunakan karena penerapannya yang mudah. Maka dari itu, pada aplikasi ini, saya menggunakan metode interview dan observasi untuk menemukan kesulitan apa yang ditemui oleh pengguna dalam kesehariannya. Sebelum melakukan interview, saya telah menyediakan beberapa pertanyaan yang akan saya ajukan kepada pengguna. Tujuan dilakukannya interview yakni :
  • Mendapatkan keluhan/feedback dari pengguna mengenai aplikasi, untuk bisa melakukan improvement ke depannya
  • Mendapatkan fitur apa yang diperlukan oleh pengguna
  • Mendapatkan kebutuhan-kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh pengguna
Berikut adalah list pertanyaan interview nya :
  • Hal apa yang perlu dilakukan untuk membantu sistem pendidikan dan edukasi di Indonesia?
  • Sistem seperti apa yang dibutuhkan?
  • Apakah anda aktif dalam mengikuti kegiatan seperti webinar?
  • Apakah anda pernah berpartisipasi dalam mengerjakan suatu project?
  • Apakah anda pernah menemukan kesulitan dalam mencari tim untuk mengerjakan sebuah project yang anda miliki?
  • Apakah anda suka dan sering mendengarkan podcast edukatif dan inspiratif?
  • Apakah anda ingin mengikuti kegiatan-kegiatan bermanfaat tetapi terhambat kondisi pandemi?
  • Apakah anda sudah mencari alternatif lain untuk menyelesaikan permasalahan tersebut?
  • Menurut anda, apa saja fitur-fitur lainnya yang diperlukan untuk melengkapi aplikasi ini?
  • Bagaimana proses bisnis dari aplikasi ini nantinya?
Tujuan

Berdasarkan hasil interview yang telah dilakukan, tim pengembang aplikasi dapat mengambil keputusan mengenai tujuan/goals yang ingin didapatkan. Tujuan tersebut yakni untuk memudahkan pengguna mendapatkan edukasi dan bisa melakukan pengembangan diri dengan mempelajari skill-skill baru dan aktif mengikuti pengerjaan project yang tersedia di dalam aplikasi ini, yang mana pengguna juga bisa mendengarkan podcast inspiratif dari pembicara-pembicara yang telah ahli dalam bidangnya. Dan berikut adalah list tujuan dari dibangunnya aplikasi ini :
  • Memfasilitasi dan menyediakan segala keperluan/kebutuhan pengguna untuk mendapatkan edukasi lebih diluar sekolah
  • Meningkatkan kualitas SDM di Indonesia
  • Meningkatkan hard skill dan soft skill pengguna agar siap menghadapi dunia kerja dan bisa mengikuti perkembangan zaman & teknologi terkini
  • Memberikan dan menyediakan pembelajaran yang lebih menjurus sesuai minat pengguna, serta tips & trick untuk mencapai pekerjaan yang diinginkan, melalui webinar, kolaborasi tim, podcast inspiratif, dan pembahasan terkait tugas yang dipilih oleh pengguna
Kebutuhan Fungsional
  • Pengguna dapat melakukan registrasi
  • Pengguna dapat membuat akun
  • Pengguna dapat melakukan login
  • Pengguna dapat melakukan logout
  • Pengguna dapat mengedit profile
  • Pengguna dapat mengakses event yang ingin diikuti
  • Pengguna dapat mencari webinar yang tersedia
  • Pengguna dapat mendaftar dan mengikuti webinar dengan mudah
  • Pengguna dapat melakukan proses pembayaran untuk pendaftaran webinar yang diikuti
  • Pengguna dapat mengikuti/join ke dalam tim kolaborasi project yang tersedia
  • Pengguna dapat mencari tim kolaborasi dengan role dan lokasi sesuai dengan keinginannya
  • Pengguna dapat memberikan komentar pada kolaborasi yang tersedia
  • Pengguna dapat membuat kolaborasi baru untuk mencari tim yang bisa membantu mengerjakan projectnya
  • Pengguna dapat mengedit kolaborasi yang telah dibuat
  • Pengguna dapat mengikuti pembahasan Submission/tugas yang tersedia
  • Pengguna dapat mengupload file tugas
  • Pengguna dapat memutar podcast
  • Pengguna dapat mencari topik podcast sesuai yang diinginkan
  • Pengguna dapat melihat kembali seluruh pendaftaran event yang telah dilakukan, baik yang akan diikuti maupun yang sudah selesai
  • Pengguna dapat melihat kembali seluruh kolaborasi yang telah dibuatnya
  • Pengguna dapat melihat notifikasi maupun update dari seluruh kegiatan/aktivitas yang dilakukan pada aplikasi
Kebutuhan Non-Fungsional

    Operasional
  • Sistem harus terintegrasi dengan sistem informasi sebelumnya
  • Sistem harus dapat diakses dan beroperasi pada smartphone manapun
  • Sistem mewajibkan user untuk dapat login terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan aplikasi
    Performance
  • Sistem dapat diakses setiap waktu tanpa perlu adanya admin yang menjalankan sistem 
    Keamanan
  • Sistem harus bisa melindungi informasi ataupun data pengguna
  • Sistem harus bisa terhindar dari virus dan bahaya lainnya
  • Data pengguna hanya bisa diakses oleh admin
    Cultural
  • Sistem dapat menggunakan Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris

Komentar

Postingan Populer