Welcome to my blog! Today a reader, tomorrow a leaderšŸ”„

Tugas 2 Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)

Membuat Abstraksi dan Modularisasi Aplikasi Untuk Smart TV

1. Abstraksi

           Dalam men-design aplikasi dan tampilan layar untuk Smart TV, kita haruslah teliti dan sangat mencermati hal-hal kecil yang perlu ditambahkan agar dapat mempermudah pengguna saat memakainya. Oleh karena itu, dalam proses pembuatan design tampilan Smart TV, dibutuhkan kefokusan yang tinggi. Dalam men-design tampilan Smart TV pun kita juga harus melihat dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Karena semakin berkembangnya zaman, semakin maju pula teknologinya. Berikut adalah hasil design untuk tampilan layar Smart TV yang telah saya rancang.


Begitulah hasil design untuk tampilan layar Smart TV yang saya rancang.

2. Modularisasi dan Diagram Kelas
    
       Dari gambar tampilan layar di atas, dapat kita cermati bahwa ada beberapa aplikasi yang tertera di halaman awal (home), diantaranya yakni Netflix, Catchplay, Youtube, dan Iflix. Selain itu, terdapat juga ikon Wifi serta Profile dan Help Center. Tidak lupa pula dengan Search Bar yang ada diatas, dilengkapi dengan tanggal dan waktu yang tertera. Berikut ini adalah diagram kelas yang menunjukkan cara kerja program untuk tampilan layar diatas.


        Home terbagi menjadi beberapa class, yakni Apps, TV_Channels, Sports, Kids_Room, Settings, Account, Movies, SearchBar, Notification, Wifi, serta Time_n_Date. Berikut adalah kodingan Public Class Home pada BlueJ.

           Pada kodingan Public Class Home diatas, dapat kita lihat bahwa kita men-declare seluruh integer privat dari pembagian Class Home nya. Berikut adalah kodingan di salah satu pembagian Class Home yakni :

            Kodingan diatas menunjukkan bahwa pada Public Class Movies kita men-declare 3 integer privat, yakni My_Bookmarks, My_Favorites, dan My_WatchLists. Ini menunjukkan bahwa, jika pengguna mengklik bagian Movies pada sebelah kiri Home, maka akan muncul ketiga pilihan tersebut. Dan jika pengguna mengklik My_Favorites, maka akan muncul film yang telah ditandai favorite oleh pengguna, begitu pula fungsi lainnya. Selain itu, arah panah yakni dari Class Movies ke 3 anak class tersebut. Mengapa demikian? Karena, jika pengguna mengklik tombol Movies, maka akan keluarlah ke 3 pilihan diatas, yang maknanya ke 3 pilihan tersebut berada dibawah naungan Class Movies. Berikut kodingan pada class My_Bookmarks.

           Adapun contoh arah panah dari anak class, ke induk class nya yakni bisa kita lihat pada Class Apps, yang arah panahnya datang dari list_Apps dan add_Apps, ke induk class nya yakni Apps. Berikut adalah kodingan pada class list_Apps.

        Begitu pula pada kodingan add_Apps. Kita memanggil fungsi yang sama, yakni class Apps. Sedangkan pada class Apps, kita tidak perlu menuliskan 2 integer tersebut. Begitulah perbedaan kodingan sesuai arah panah nya antara induk dan anak kelas.

          Selain itu, di dalam class Apps, saya men-declare ke 4 integer privat, bisa dilihat pada diagram diatas, yakni ada Netflix, Youtube, Iflix, dan Catchplay. Berikut kodingannya.

            Dengan arah panah dari class Apps, ke class Netflix, dan ke 3 lainnya. Inilah kodingan pada class Netflix.

             Kodingan pada anak kelas akan kosong, jika arah panah datang dari induk ke anak kelas, dan sebaliknya, sesuai penjelasan diatas dan contoh declare-nya. Kira-kira seperti itulah gambaran dari diagram serta beberapa penjelasan kodingannya untuk tampilan layar Smart TV yang saya rancang ini. Jika ada salah kata, mohon dimaafkan, sekian terimakasih.

Nama   : Julietta Anastasia Rodiah Boru Panjaitan
NRP      : 05111940000033
Kelas    : PBO A

Komentar

Postingan Populer