Welcome to my blog! Today a reader, tomorrow a leaderš„
3. Setelah press space untuk bermain keluar seperti berikut.
5. Nah selain itu, pada gambar no 2, bisa dilihat bahwa kita dapat press shift untuk bermain dengan bot, dan berikut adalah tampilannya.
Pemrograman Berorientasi Objek
Membuat Game Ping Pong pada Java
Halo! Jadi kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat game sederhana yakni ping pong, dengan menggunakan pemrograman Java pada aplikasi bluej. Nah disini saya telah membuat 4 class, dimana ada Ball, Paddle, Render, dan Pong. Fungsi masing-masing class yakni :
1. Ball : Untuk bola
2. Paddle : Untuk pemukul
3. Render : Untuk menghasilkan grafik sesuai yang diinginkan
4. Pong : Untuk meload seluruh fungsinya (main class)
Berikut adalah diagram secara keseluruhan.
Berikut adalah keempat class dan kodingannya.
1. Ball
2. Paddle
3. Render
4. Pong
Berikut adalah hasil output dari program pong diatas.
1. Pertama kita compile terlebih dahulu programnya, yakni pada class Pong.
2. Lalu klik void main(String[] args), dan klik ok. Maka akan keluar seperti berikut.
Note : Score limit bisa diatur sesuai keinginan kita, bisa diatur menjadi 8/9, dan lainnya.
3. Setelah press space untuk bermain keluar seperti berikut.
4. Di bawah ini adalah tampilan jika salah satu pemain telah memenangkan game.
5. Nah selain itu, pada gambar no 2, bisa dilihat bahwa kita dapat press shift untuk bermain dengan bot, dan berikut adalah tampilannya.
Note : Tingkat kesulitan dapat dipilih sesuai yang diinginkan (Easy, Medium, Hard). Setelah press space untuk bermain, tampilan akan sama, tetapi yang berbeda adalah kita bermain dengan bot.
Komentar
Posting Komentar