Welcome to my blog! Today a reader, tomorrow a leaderšŸ”„

Tugas 8 RK D

Kebutuhan Spesifikasi

Aplikasi MokaPOS


1. Deskripsi Aplikasi
    Halo semuanya, pada tugas kali ini saya akan membahas pembuatan spesifikasi untuk studi kasus aplikasi MokaPOS. Sebelum memasuki pembahasan inti, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa itu MokaPOS. Moka adalah aplikasi yang memudahkan penjualan dan proses operasional usaha anda, aplikasi ini diutamakan untuk pelaku usaha kecil dan menengah. Aplikasi Moka sendiri juga berbasis sistem POS (Point of Sale) berbasis cloud yang dapat digunakan secara multi-platform. MokaPOS sendiri dapat mengoptimalkan operasional bisnis dan juga menyediakan platform penunjungan untuk pelaku usaha dalam melakukan operasi penjualan. 

    Adapun MokaPOS memungkinkan pelaku usaha untuk melakukan beberapa hal seperti transaksi penjualan dan nominal harga promo yang diperbarui secara real-time, manajemen stok, manajemen meja, manajemen pesanan, dan manajemen pelanggan. MokaPOS juga memungkinkan pelaku usaha untuk menghubungkan usaha mereka dengan metode-metode pembayaran seperti GoPay, OVO, DANA, dll. Selain itu, MokaPOS juga memungkinkan pelaku usaha untuk menggunakan platform tunjungan secara daring untuk mengembangkan usahanya, dengan adanya integrasi Instagram, Facebook, dan Google Shopping. 


2. Metode MoSCoW

    Metode MoSCoW merupakan cara pembagian prioritas dengan level yang ditentukan untuk suatu kebutuhan(requirement/customer needs) fungsi dari produk ataupun bagian dari proyek yang akan dibuat. Metode MoSCoW paling efektif digunakan untuk memprioritaskan kebutuhan, fungsi atau bagian dalam proyek dengan tenggat waktu tetap atau ketat. Hal ini dapat dilakukan dengan memahami gagasan bahwa semua kebutuhan, fungsi, atau bagian proyek dapat dianggap penting namun harus diprioritaskan untuk memberikan manfaat terbesar dalam jangka waktu tercepat.

    MoSCoW sendiri adalah akronim yang dirancang untuk mencerminkan empat kategori yang digunakan oleh metode ini untuk menentukan prioritas yaitu Must, Should, Can, Won’t. Huruf kecil “o” ditambahkan hanya untuk memudahkan akronim untuk diucapkan.    

    Dalam membagi kebutuhan, fungsi, atau bagian proyek kedalam empat kategori MoSCoW dapat digunakan beberapa pedoman berikut :


    Setelah membagi fungsi, kebutuhan, dan bagian proyek ke dalam empat kategori prioritas yang ada, maka pengembangan solusi atau aplikasi dapat dilakukan dengan memfokuskan pembagian usaha, sumber daya, dan waktu pengerjaan.

3. Spesifikasi Kebutuhan
    Adapun spesifikasi kebutuhan dari aplikasi MokaPOS ini adalah sebagai berikut :
    a. Spesifikasi Fungsional
  • (SKPL-F01) Sistem menyediakan fitur login dan logout
  • (SKPL-F02) Sistem menyediakan fitur registrasi
  • (SKPL-F03) Sistem harus memungkinkan penjual mengelola manajemen stok
  • (SKPL-F04) Sistem harus memungkinkan penjual mengelola manajemen pelanggan 
  • (SKPL-F05) Sistem harus memungkinkan penjual mengelola manajemen meja pada outlet
  • (SKPL-F06) Sistem harus memungkinkan penjual mengelola manajemen karyawan
  • (SKPL-F07) Sistem harus memungkinkan penjual untuk menggunakan sistem point-of-sale / kasir pada outlet
  • (SKPL-F08) Sistem harus dapat menampilkan laporan penjualan dan investaris untuk penjual
  • (SKPL-F09) Sistem dapat memungkinkan penjual untuk mengelola outlet-outlet yang dimiliki
  • (SKPL-F10) Sistem dapat memungkinkan penjual untuk mengaktivasi E-Wallet
  • (SKPL-F11) Sistem dapat memungkinkan penjual untuk melakukan integrasi terhadap akun Instagram, Facebook, maupun Google
  • (SKPL-F12) Sistem dapat memungkinkan penjual untuk melakukan kustomisasi sistem pembayaran
  • (SKPL-F13) Sistem harus dapat melakukan update pada manajemen-manajemen milik usaha secara real time
  • (SKPL-F14) Sistem menyediakan fitur untuk penjual mengelola shift 
  • (SKPL-F15) Sistem harus memungkinkan penjual untuk melakukan split bill sesuai permintaan pelanggan
  • (SKPL-F16) Sistem harus memungkinkan penjual untuk mengirimkan/mencetak bill untuk pelanggan
  • (SKPL-F17) Sistem harus memungkinkan penjual untuk melakukan refund
  • (SKPL-F18) Sistem harus memungkinkan penjual untuk mengelola promo
  • (SKPL-F19) Sistem dapat memungkinkan pembeli untuk melakukan pembayaran dengan E-Wallet

    b. Spesifikasi Non-Fungsional
  • (SKPL-NF01) Sistem dapat diakses selama 24 jam setiap harinya
  • (SKPL-NF02) Sistem dapat diakses sesuai dengan role pengguna
  • (SKPL-NF03) Sistem dapat diakses dari browser manapun, serta melalui aplikasi
  • (SKPL-NF04) Sistem dapat menjamin keamanan data pelanggan dan penjual
  • (SKPL-NF05) Apabila sistem error maka harus dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 30 detik
  • (SKPL-NF06) Sistem harus dapat menangani permintaan secara bersamaan
  • (SKPL-NF07) Sistem harus memiliki latensi rendah
  • (SKPL-NF08) Sistem harus memiliki tampilan yang mudah dipahami
  • (SKPL-NF09) Sistem harus dapat menjamin keamanan transaksi penjualan
  • (SKPL-NF10) Sistem harus dapat menampung jumlah data yang banyak dengan user yang terus bertambah

Dari hasil pengerjaan Tugas 7 diatas, diminta untuk mendapatkan spesifikasi/kebutuhan spesifikasi, yakni sebagai berikut :

1. Sistem dapat melakukan register dan login bagi pengguna
2. Sistem dapat menyediakan pilihan outlet usaha milik pengguna
3. Setelah login dan sampai di halaman home, sistem akan menampilkan produk-produk yang banyak terjual
4. Sistem dapat menampilkan library produk
5. Sistem dapat menginputkan manual apabila ada menu makanan yang belum terdaftar pada database sistem
6. Sistem dapat menyediakan tampilan untuk pengguna memulai dan mengakhiri shift
    a. Sistem dapat melakukan pembuatan shift untuk data yang didapatkan perhari pada saat penjualan
    b. Sistem dapat end shift untuk mengetahui data terakhir serta mendapatkan laporan akhir dari penjualan
7. Sistem dapat melakukan print out laporan akhir setelah penjualan
8. Apabila ingin menambahkan produk pada bill, sistem dapat menambahkan data pada bill tersebut sesuai dengan masukan pengguna, yakni kuantitas/tipe/diskon
9. Setelah melakukan pemesanan, sistem dapat langsung melakukan pembayaran
10. Apabila pengguna ingin menambahkan data customer pada saat setelah pemesanan, maka sistem dapat menambah pesanan dari orang yang memesan
11. Sistem dapat menyediakan segala fasilitas pelayanan untuk berbagai macam metode pembayaran, yakni dari tunai, e-wallet, debit/kredit, hingga pembelian online menggunakan grab/gojek.
12. Sistem dapat melakukan print out dari data pembelian
13. Sistem dapat mengirimkan data pembelian melalui email ataupun nomor handphone
14. Sistem dapat menampilkan rincian riwayat pembelian secara detail
15. Pengguna dapat membatalkan pesanannya jika ternyata pengguna tidak jadi melakukan pemesanan
16. Sistem dapat menghapus produk dari bill jika customer ingin membatalkan pesanannya, dengan syarat memasukkan kode autorisasi 
17. Sistem dapat menangani fitur split bill
18. Sistem dapat melakukan logout bagi pengguna
    Demikian Tugas 8 ini saya kerjakan dengan sebaik-baiknya, semoga ilmu ini dapat berguna bagi kita semua. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan ataupun salah kata, terima kasih.

Komentar

Postingan Populer