Welcome to my blog! Today a reader, tomorrow a leaderšŸ”„

ETS Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)

Transaksi Penarikan Tunai ATM

Halo! Jadi kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat transaksi penarikan tunai ATM secara sederhana melalui pemrograman Java dengan menggunakan aplikasi Blue J. 

    Jadi, saya akan menggunakan 2 class yang dapat mencakup input dan output yang diperlukan, melalui video yang tertera, dimana saya akan membuat Class Bank dan Class Nasabah. Class Bank adalah kelas utama atau main class dimana berisikan output code, yang juga akan memanggil beberapa kodingan dari Class Nasabah. Sedangkan, pada Class Nasabah, akan berisi fungsi-fungsi yang diperlukan agar program dapat berjalan sebagaimana mestinya.
       Maka, sebelum memasuki program Java, saya mengambil kesimpulan terlebih dahulu dari video yang saya lihat, yakni sama seperti tampilan ATM biasanya, nasabah memasukkan PIN ATM nya, lalu menarik uang sejumlah Rp100.000,-. Maka setelah itu, ATM akan menampilkan jumlah saldo nasabah yang tersisa. Lalu, jikalau nominal yang ingin ditarik oleh si nasabah tidak ada dalam tampilan menu utama, maka nasabah dapat mengklik tombol "Transaksi Lainnya", dan akan diarahkan ke tampilan menu yang lain lagi. Lalu disanalah nasabah dapat mengklik tombol "Penarikan Tunai" dan barulah memasukkan jumlah nominal uang yang ingin ditarik. Setelah itu ATM menampilkan jumlah sisa saldo nasabah.

Kesimpulan diatas mengenai skenario fungsionalitas aplikasi yang akan saya buat yakni :
  1. Program akan menampilkan tulisan "Silahkan masukkan PIN anda".
  2. Jika PIN benar lanjut ke menu utama, jika PIN salah maka ulangi.
  3. Menampilkan menu utama berisi opsi penarikan tunai dari nominal Rp100.000-Rp2.500.000 beserta menu "Tampilan Lainnya".
  4. Jika user memilih nominal Rp100.000, maka program akan mengkonfirmasi dan menampilkan sisa saldo user.
  5. Setiap diakhir, program akan menanyakan apakah user ingin melakukan transaksi lain lagi. Jika iya, maka return pilihan opsi yang tersedia, jika tidak, maka exit.
  6. Jika input user tidak valid, maka return "Opsi yang Anda masukkan salah, coba lagi".
Berikut adalah diagram class nya.


Timestamp : 11.28 A.M. Selasa, 24 November 2020.

Komentar

Postingan Populer