Welcome to my blog! Today a reader, tomorrow a leaderšŸ”„

Tugas 2 RK D

Requirement Engineering Process


    Halo semuanya, pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan beberapa hal terkait Requirement Engineering Process yang saya buat berdasarkan SKPL untuk sebuah perangkat lunak bernama Kicaumania, yakni merupakan sebuah aplikasi online untuk transaksi jual beli burung hias. Dan berikut adalah SKPL nya.


1. Existing System Information
    Transaksi jual beli burung merupakan salah satu kegiatan yang banyak diminati oleh masyarakat setiap tahunnya. Namun, kesibukan yang dimiliki oleh masyarakat sedikit menghambat kegiatan transaksi jual beli burung ini. Selain itu, adanya pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah juga berdampak pada kegiatan transaksi jual beli burung. Hal ini tentunya juga mempengaruhi hobi para pecinta burung, kolektor burung, maupun penjual burung. Maka dari itu, dibuatlah sebuah perangkat lunak sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Perangkat lunak yang akan dikembangkan ini adalah perangkat lunak bernama Kicaumania. Kicaumania sendiri merupakan perangkat lunak e-commerce berbasis web yang menjual produk berupa burung. Secara umum, sistem transaksi yang ada di dalam perangkat lunak Kicaumania ini sama seperti transaksi pada aplikasi jual beli produk online lainnya. Pengguna perangkat lunak dapat melakukan pembuatan akun terlebih dahulu sebagai pembeli, dan pembeli yang sudah memiliki akun dapat melakukan login ke dalam website. Pembeli yang belum maupun sudah melakukan login dapat melihat katalog burung yang berisikan segala jenis burung yang dijual oleh penjual. Bagi pembeli yang belum membuat akun ataupun belum login ke dalam website, tetap dapat melihat informasi/detail dari burung, hanya saja tidak bisa melakukan checkout jika belum membuat akun pada website. Pada katalog burung tersebut juga terdapat informasi detail burung berupa gambar, deskripsi, cara pemeliharaan, jenis atau ras, warna, usia, harga dan stok, total penjualan, serta rating dan review burung. Sistem menyediakan fitur keranjang belanja dimana pembeli dapat menambah ataupun mengurangi jumlah burung yang akan dibelinya sebelum melakukan checkout. Sistem juga menyediakan fitur untuk opsi pembayaran dan pengiriman burung. Secara garis besar, dapat kita lihat bahwa perangkat lunak ini sangatlah efektif dan inovatif karena dapat membantu para pecinta/penjual burung dalam melakukan transaksi jual beli, dan mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui kontak langsung antar sesama penjual maupun pembeli.

2. Stakeholder Needs
    Berikut adalah use case diagram dari aplikasi perangkat lunak Kicaumania.


    Stakeholders pada perangkat lunak ini dibagi menjadi 2, yaitu :
    a. Admin
  • Melakukan login ke dalam website
  • Melakukan logout dari website
  • Mengedit tampilan akun penjual
  • Mengecek opsi pengiriman dan pembayaran yang dipilih oleh pembeli
  • Mengecek bukti pembayaran yang telah dilampirkan pembeli ke dalam website
  • Memverifikasi bukti pembayaran pembeli
  • Mengubah status pemesanan pembeli (belum bayar/dikemas/dikirim/selesai/dibatalkan) 
  • Mengelola produk (menambah, mengedit, menghapus, dan mengkategorikan produk)
  • Melayani chat/pesan dari pembeli mengenai produk
    b. Customer
  • Membuat akun pada website
  • Melakukan login ke dalam website
  • Melakukan logout dari website
  • Mengedit tampilan akun sesuai yang diinginkan
  • Mencari produk melalui halaman katalog maupun pada kolom pencarian
  • Memilih produk yang telah dicari (menambahkan produk ke dalam keranjang belanja)
  • Menambah/mengurangi jumlah produk yang ingin dibeli
  • Mengelola keranjang belanja
  • Melakukan pemesanan produk
  • Memilih opsi pengiriman (Kurir pribadi untuk 1 daerah/pet cargo untuk diluar daerah)
  • Memilih opsi pembayaran (COD/Transfer bank)
  • Melakukan pembayaran
  • Mengupload bukti transfer ke website bagi pembeli yang memilih opsi pembayaran transfer bank
  • Memberikan rating dan review pada produk
  • Menghubungi penjual terkait produk melalui layanan chat/obrolan yang tersedia

3. Organisational Standards
    Berikut adalah struktur organisasi selama pengembangan design dan sistem informasi dari proyek perangkat lunak Kicaumania ini.
    

    Dimana masing-masing anggota tim bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan demi mencapai target yang telah disepakati dan menjamin sistem dibangun dengan kualitas yang bagus dan dapat membantu masyarakat luas.

4. Regulations
  • Pembangunan perangkat lunak ini menggunakan sistem yang dibangun berbasis web.
  • Proses pembayaran pada sistem ini menggunakan mata uang rupiah.
  • Perangkat lunak ini dibangun untuk menangani user dari kedua belah pihak target, baik penjual maupun pembeli.
  • Sistem yang dibangun harus mampu menjaga kerahasiaan dokumen user agar tidak bocor dan tidak dapat diakses oleh pengguna/pihak lainnya.
  • Penggunaan perangkat lunak ini hanya bisa diakses dan dioperasikan melalui desktop.
5. Domain Information
    Aplikasi perangkat lunak Kicaumania ini memiliki target pasar yakni penjual burung, pecinta burung, dan kolektor burung. Yang dimana aplikasi ini dapat membantu dan mempermudah mereka dalam menjalani hobinya dan juga di dalam transaksi jual beli burung, terutama dengan situasi dan kondisi yang sedang dalam pandemi seperti sekarang ini, yang mengharuskan kita untuk mengurangi aktivitas diluar rumah. Kicaumania sendiri dibangun untuk melindungi burung-burung agar tidak jatuh ke tangan yang salah, penjual juga memastikan burung yang dijualkan memiliki tempat tinggal yang layak nantinya dan segala informasi mengenai burung yang dijual juga tertera pada halaman detail produk, mulai dari ras hingga ke cara pemeliharaannya. Penjual juga akan memberikan persyaratan bagi pembeli yang ingin membeli burung dengan ras yang langka, agar tidak terjadinya kesalahan dalam pemeliharaan burung nantinya. Tidak hanya itu, Kicaumania juga menyediakan opsi pengiriman dan pembayaran yang aman dan mudah bagi para pembeli, sehingga pembeli tidak perlu khawatir akan peraturan pembayaran yang mengikat.

Komentar

Postingan Populer